Begini Aksi Istri Agus, Anies dan Djarot Saat Sapa Warga Jakarta

Kamis, 12 Januari 2017 11:40


(ist)

108jakarta.com - Kampanye menyapa warga Jakarta tidak hanya dilakukan oleh para cagub-cawagub. Namun, dalam kegiatan kampanye juga turut melibatkan aksi para istri.


Sejak kegiatan kampanye dimulai pada akhir Oktober 2016, para istri cagub-cawagub turun ke lapangan bertemu dengan warga. Aksi kampanye mereka ada yang dilakukan bersama suami, ada pula yang dilakukan sendirian.


Pada pasangan calon nomor urut 1, aksi kampanye dilakukan oleh istri calon gubernur Agus Harimurti Yudhoyono, yaitu Annisa Pohan. Annisa yang juga juru kampanye dari Agus-Sylviana Murni turun menyapa warga di Kebon Kosong, Kemayoran, Jakarta Pusat.


Sementara untuk pasangan calon nomor urut 2, aksi kampanye dilakukan oleh istri calon wakil gubernur Djarot Saiful Hidayat yang bernama Happy Farida Djarot. Happy sempat kampanye bersama Djarot dan juga sempat sendirian.


Untuk pasangan terakhir, aksi kampanye dilakukan oleh istri Anies Rasyid Baswedan, yakni Fery Farhati Ganis. Fery bersama Komando Barisan Anies Sandi (Kombas) menjenguk seorang perempuan di Rawajati, Pancoran, Jakarta Selatan.


Berikut ulasan aksi kampanye mereka:


1. Annisa Pohan (istri calon gubernur Agus Harimurti Yudhoyono)


Annisa Pohan sempat melakukan kampanye di dua kelurahan di Jakarta Pusat, yaitu Kemayoran dan Kebon Kosong. Istri cagub Agus Harimurti Yudhoyono ini melakukan kegiatan kampanye pada Selasa (10/1) lalu.


Annisa bersama tim datang menyapa warga di Kemayoran, Jakarta Pusat. Annisa, yang juga menjadi juru kampanye pasangan nomor urut 1 Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, sempat mengobrol dengan seorang guru pendidikan anak usia dini (PAUD).


"Satu kelas berapa murid, Bu?" tanya Annisa di Kebon Kosong, Kemayoran, Jakarta Pusat.


Guru PAUD bernama Elin (52) menjelaskan bahwa jumlah murid di PAUD-nya ada 30 orang dan setiap kelas diajar seorang guru. Mendengar hal itu, Annisa mengatakan kondisi tersebut kurang ideal.


"Kebanyakan (satu guru untuk 30 murid), harusnya idealnya satu guru, 20 muridnya. Harusnya ditambah," ujar Annisa.


Selanjutnya, Annisa berpindah ke Kelurahan Kebon Kosong. Dalam perjalanan, dia melihat sebuah gedung bertembok semen, dengan kondisi berantakan.


"Ini sudah hancur banget, kalo hujan kayaknya bocor ya, Pak?" kata Annisa.


Annisa juga sempat berbincang dengan seorang pria berseragam PD Pasar Jaya yang keluar dari pintu pasar. Annisa berkata kepada pria tersebut, jika suaminya terpilih sebagai Gubernur DKI Jakarta, kondisi pasar akan menjadi salah satu hal yang diperhatikan.


"Kalau nanti terpilih, suami saya terpilih, ini jadi masukan. Mohon doanya ya, Pak," tutup Annisa.


2. Happy Farida (istri calon wakil gubernur Djarot Saiful Hidayat)


Untuk pasangan cagub-cawagub nomor 2, aksi kampanye dilakukan oleh istri calon wakil gubernur Djarot Saiful Hidayat, yakni Happy Farida. Happy pernah mengunjungi warga di RT 02 RW 08 Bukit duri, Tebet, Jakarta Selatan, pada Senin (7/11/2016).


Ketika itu, Happy didampingi oleh Novie Muniarsari, yang merupakan istri Ketua Tim Pemenangan Ahok-Djarot, Prasetio Edi Marsudi. Happy mengatakan tujuan kedatangannya kali itu adalah untuk bersilaturahmi bersama warga Bukit Duri. Dalam kesempatan yang sama, ia mencatat aspirasi warga.


"Saya ke sini dengan teman-teman saya, maksud saya tujuan ke sini ingin silaturahmi dengan ibu di Bukit Duri. Sekalian saya juga mau ngecek program, yang sudah diprogram harus dicek. Saya juga akan mencatat usulan dari warga program-program apa saja yang diusulkan warga, nanti akan saya sampaikan ke pak gubernur dan wakil gubernur," ucap Happy di lokasi.


Happy kemudian mengingatkan warga soal penerimaan Kartu Jakarta Pintar (KJP) dan Kartu Jakarta Sehat (KJS). Jika belum, warga diminta melapor ke RT atau kelurahan. Happy sempat mengecek keberadaan PPSU di kawasan Bukit Duri serta mengingatkan ibu-ibu untuk menjalani tes terkait dengan kanker serviks.


Pada kesempatan lain, Happy juga pernah menemani suaminya saat blusukan di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Ketika itu Happy sedang sakit batuk dan serak. Djarot pun membeli banyak jeruk nipis saat blusukan tersebut.


"Beli banyak, buat istri saya biar cepet sembuh," ucap mantan Bupati Blitar ini.

Adapun istri cagub petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) tidak pernah mengikuti kampanye. Sebelum masa kampanye dimulai, Ahok sudah memastikan istrinya, Veronica Tan, tidak ikut kampanye.


3. Fery Farhati Ganis (istri calon gubernur Anies Baswedan)


Istri Anies Baswedan, Fery Farhati Ganis, ikut beraksi menyapa warga. Fery bersama Komando Barisan Anies Sandi (Kombas) datang ke kawasan Rawajati, Pancoran, Jakarta Selatan.


Pada kunjungan itu, Fery menemui 4 warga yang sedang sakit. Seorang di antaranya mengalami obesitas bernama Muhayat. Akibat obesitas yang sudah dialami selama 2 tahun, Muhayat menjadi lumpuh.


Selain itu, Fery menemui Ahmad Seni, yang sudah lumpuh selama 3 tahun. Ahmad, yang pernah menjadi hansip, sudah kehabisan uang untuk berobat. Lalu Fery menemui seorang pria yang sudah buta selama 1 tahun. Asuransi kesehatannya tak bisa mencakup semua biaya berobat, termasuk untuk membeli kornea mata.


Terakhir, Fery menemui lansia bernama Tiharoh. Perempuan berusia 90 tahun itu curhat tidak mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) atau bantuan lainnya dari pemerintah.


Fery pun lalu bicara soal program yang digagas oleh pasangan nomor urut 3, Anies Rasyid Baswedan-Sandiaga Salahudin Uno, ini. Fery yakin program Dokter Keluarga yang direncanakan oleh pasangan ini akan bermanfaat bagi warga.


"Seandainya Mas Anies dan Bang Sandi terpilih, insya Allah program dokter keluarga yang mereka rencanakan akan sangat bermanfaat untuk warga dengan masalah seperti yang mereka alami saat ini," ucap Fery, melalui keterangan tertulis yang diterima, Rabu (11/1/2017). 


(ayb/int)


Berita Terkait
Djarot: Kedapatan Ada Narkoba Dua Kali Aja, Pasti Kami Tutup
Pelayanan BPTSP DKI Hanya sampai Pukul 14.00 Selama Ramadan
Wanita Tewas 'Terjun Bebas' dari Lantai 37 Apartemen di Jakbar
Besi Melintang di Jalan TB Simatupang, Lalu Lintas Padat
Antisipasi Kriminalitas, Polres Jaktim Bentuk Tim Penembak Jitu

Please login for commentKomentar
awil
istri pak Ahok kok ga ikut?
lily
semuanya sangat hebat semoga sukses ya
ThanksInfonya
istri siapa yg paling cantik hayo, hehehehehe, lol
lawangnikuhinji
aksi yang di lakukan oleh masing-masing cagub pasti nya bisa mendorong kemajuan suami nya untuk mendapatkan suara terbanyak nanti nya
suiyong
begitulah 3 pasangan cawagud berkampanye masing-masing beraksi.
IndomieTelor
istrinya juga harus ikut serta yah,
LampungBergetar
istri juga berperan penting lho buat calon cagub dan cawagub kalok saat lagi kampanye gitu
patgulipat
Mbak Anisa pernah kampanye di kebon kosong ya, kok saya enggak tau. Itu kan rumah saya
mongi
sudah pasti pada ramah ramah istri mereka
runi
kok mba veronica istrinya pak ahok gak ada ya, padahal setau ane mba vero ini juga termasuk aktif loh, mungkin gak keliatan ama wartawannya kali ya, mba vero sepertinya menghindari sorotan media
123