Partai Idaman Senang Ada Usulan Presidential Threshold 0 Persen

Kamis, 12 Januari 2017 14:41


(ist)

108jakarta.com - Fraksi PAN DPR RI mengusulkan agar ambang batas untuk pemilihan presiden atau presidential threshold nol persen. Dengan demikian, semua partai politik yang terverifikasi KPU bisa mengusung calon presiden. 


Sebagai partai politik baru, Partai Idaman senang akan usulan ini. Menurut Sekjen Partai Idaman Ramdhansyah, usulan ini bisa mengakomodasi hak warga negara untuk dipilih menjadi presiden. 


"Ini merupakan usulan yang positif, karena akan mendorong terbentuknya koalisi permanen. Sebelumnya koalisi hanya terbentuk sekitar 3,5 bulan sebelum pencoblosan," kata Ramdhansyah, Kamis (12/1/2107). 


Menurut Ramdhan, biasanya koalisi yang dibentuk dadakan sarat akan tawar-menawar. Hal ini dikhawatirkan melahirkan demokrasi yang transaksional. 


"Tetapi kemudian usulan soal presidential threshold ini bertentangan dengan keputusan MK tahun 2012 bahwa yang berhak mencalonkan presiden hanyalah parpol yang memiliki kursi di DPR. Nah, menurut saya, usulan presidential threshold ini langkah yang baik untuk menyederhanakan partai," ujar Ramdhan. 


Meski menanggapi positif usulan ini, Partai Idaman belum menatap untuk mencalonkan presiden. Bahkan Ramdhan belum memastikan apakah Ketum Partai Idaman Rhoma Irama bakal diusung dalam Pilpres 2019. 


"Saya pikir kita belum bicara presiden dan wakil presiden. Penjajakan dengan ketum partai kita dialog, kesamaan pandangan sudah kita lakukan. Artinya, Partai Idaman melihat koalisi ini positif," ungkap Ramdhan. 


(ayb/int)


Berita Terkait
Berenang Seberangi Pulau, Sandiaga Temui Warga Kepulauan Seribu
Tak Terdaftar di DPT, Pemilih Bisa Tetap 'Nyoblos'
Lalu Lintas Jakarta Terpantau Lancar Akhir Pekan Ini
Naik Bus Wisata dengan Siswa SMA, Sumarsono Sampaikan ini  
Polisi Tangkap Pemilik Bendera Merah Putih Berhuruf Arab

Please login for commentKomentar
suiyong
masing-masing partai yang mencalonkan presiden dan wakil presiden.
lawangnikuhinji
Tapi tetap saja indonesia menginginkan presiden yang berkualitas, kalau peraturan seperti itu di kembangkan dan mendapatkan presiden yang tidak berkualitas apa nggak hancur negara ini
TukangWalpaper
ko roma irama sih, kenapa ga jadi raja dangdut aja sih
LampungBergetar
bagus sekali tuuh kalok sampai terlaksana buat partai idaman
mongi
idaman rakyat sesuai dengan namanya
runi
iyalah, jadinya kan capres yang kurang peminat tetap bisa mengajukan diri toh, ya pasti senanglah si bang oma, secara selama ini cuma di PHP in doang buat jadi presiden
Linda
partai politik baru keren juga namanya "idaman".
dedy
lagian tuk partai baru pengen langsung jadi presiden.
yudi
pasti yang ga ada kursi dpr ya mendukung
chacha
mending jadi penyanyi dangdut aja deh nanti nyalonin jadi presiden pamornya jadi turun
123