Polda Metro Jaya Tangkap Pelaku Penipuan Modus Ucapan Duka Cita di Surat Kabar

Rabu, 11 Januari 2017 9:55


Ilustrasi. (Foto: int)

108Jakarta.com - Polda Metro Jaya berhasil menangkap pelaku penipuan berkedok ucapan duka cita di salah satu surat kabar.

Pria bernama SA ini bertugas menerima uang hasil tipu-tipu dari sindikat lainnya.

“Pelaku kami tangkap di rumahnya di kawasan Petojo Selatan, dini hari tadi,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono, Selasa (10/1/2017) di lokasi sidang Ahok Ragunan Pasar Minggu Jakarta Selatan.

Kabid Humas Kombes Pol Argo menambahkan, penangakapan terhadap SA merupakan pengembangan dari penangkapan pelaku lainnya.

Modus yang digunakan pelaku adalah dengan mengaku sebagai pengurus dari Rumah Duka Jabar Agung yang memasukkan obituari orangtua korban ke salah satu harian media nasional.

“Tujuaannya, agar keluarga korban ini tahu kalau pihak rumah duka memasuk kan nama almarhum orangtuanya di koran,” tambah Kabid Humas Kombes pol Argo.

Korban kemudian ditelepon oleh salah satu pelaku lalu meminta bayaran sebesar Rp 40 juta.

Pembayarannya dilakukan via transfer melalui rekening yang disediakan.

“Permintaan itu sempat dilakukan beberapa kali hingga akhirnya pelaku meminta uang lagi dengan dalih penambahan fasilitas,” ungkap Kabid Humas Kombes Pol Argo.

Kabid Humas Kombes Pol Argo melanjutkan pelaku lainnya yakni Dim lantas mencairkan dana dengan cara diambil tunai kemudian memecahnya ke beberapa rekening.

“Setelah penelusuran, akhirnya kami berhasil menangkap pelaku, Al dan SA. dengan barang bukti 68 lembar ATM dari berbagai bank,” pungkas Kabid Humas Kombes Pol Argo.

Akibat perbutannya, para pelaku dijerat Pasal 378 tentang Penipuan dengan ancaman kurungan tujuh tahun.


(ayb/int)


Berita Terkait
Ahok Sebut Peresmian Simpang Susun Semanggi Ditarget Beroperasi Juli 2017
Kampanye Pilgub DKI Putaran Kedua Digelar Maret
Begal Motor Sadis di Grogol Diciduk Polisi
Mengenal Dadan, Petugas PPSU Menyelam di Got yang Viral di Media
Putus dari Egi John, Inikah Pacar Baru Marshanda?

Please login for commentKomentar
sumaryani
pelaku kejahatan selalu melakukan berbagai aksinya di berbagai kesempatan tapi syukurlah pelakunya berhasil di tangkap
Linda
penipuan ga kenal keadaan org lagi duka cita masih aja ditipu.
kang
kalau ada yang mengalami kaya gini sebaiknya di cek secara langsung ke bagian rumah dukanya. jangan main transfer2 saja
slenteng
halah itu mah akal akalan biar ga bayar utang atau pajak
Samuel
sepertinya ini modus baru yang harus diperhatikan oleh warga agar jangan sampai tertipu lagi
patgulipat
Mau punya banyak uang tapi pakai jalan pintas
LupaNyabut
kurang ajar sekali nih manusia manusia kaya gini, harus dibasmiii
dedy
waduh..sangat banyak cara para pelaku penipuan dengan terang"an bermodus di surat kabar.
Dwi
duh ada aja deh ya itu kelakuannya, harus diberikan hukuman yang berat tuh pelakunya
runi
yang kayak gini nih yang bikin nama agency/biro iklan jadi jelek, karena kadang kan agency dapat orderan iklan duka cita dari rumah duka, ntar di kira biro iklannya nipu, bagus deh kalo dah di tangkap penipunya, biar gak bikin resah aja
123