Begini Tanggapan Ahok soal Tuntutan Hukuman Percobaan 2 Tahun

Kamis, 20 April 2017 16:00


(ist)

108jakarta.com - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dituntut jaksa penuntut umum (JPU) hukuman 1 tahun penjara dengan masa percobaan selama 2 tahun. Ahok menyerahkan sepenuhnya kepada kuasa hukum.


"Ya kamu tanya pengacaralah, nggak ngerti aku," kata Ahok saat ditanya tentang tuntutan jaksa saat tiba di gedung Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (20/4/2017).


Ahok enggan berkomentar lebih jauh. "Nanti baca pleidoinya saja," ujar Ahok singkat seraya masuk ke kantornya.


Ahok dituntut hukuman 1 tahun penjara dengan masa percobaan 2 tahun. Jaksa menilai Ahok terbukti melakukan penodaan agama.


"Menuntut supaya majelis hakim yang mengadili perkara ini menyatakan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama terbukti bersalah menyatakan perasaan kebencian," ujar ketua tim jaksa Ali Mukartono.


Jaksa menuntut Ahok dengan dakwaan alternatif kedua yang menyebut Ahok melanggar Pasal 156 KUHP. Untuk itu, jaksa menuntut agar Ahok dihukum 1 tahun pidana penjara dengan masa percobaan 2 tahun.


"Menjatuhkan hukuman kepada terdakwa dengan pidana penjara selama 1 tahun dengan masa percobaan 2 tahun," ujar jaksa.


Jaksa menganggap tidak ada unsur pemaaf atau unsur yang bisa membuat Ahok lolos dari jerat pidana.


Ada dua hal yang memberatkan Ahok. Pertama, perbuatan terdakwa menimbulkan keresahan di masyarakat. Kedua, perbuatan terdakwa dapat menimbulkan kesalahpahaman antargolongan rakyat di masyarakat. Sedangkan hal-hal yang dapat meringankan Ahok, salah satunya, adalah peran Ahok dalam membangun Jakarta.


(ayb/int)


Berita Terkait
Djarot: Kedapatan Ada Narkoba Dua Kali Aja, Pasti Kami Tutup
Pelayanan BPTSP DKI Hanya sampai Pukul 14.00 Selama Ramadan
Wanita Tewas 'Terjun Bebas' dari Lantai 37 Apartemen di Jakbar
Besi Melintang di Jalan TB Simatupang, Lalu Lintas Padat
Antisipasi Kriminalitas, Polres Jaktim Bentuk Tim Penembak Jitu

Please login for commentKomentar
icikicikcrot
itu masih untung, karena melihat orang orang sebelum ahok, mereka dijatuhin hukuman lebih berat..
IndomieTelor
kasian pasti pak Ahok pusing, bekerja tapii terus dijatuhkan...
lily
lebih baik diserahkan ke hakim untuk keputusannya semoga ahok bisa dibebaskan
ata
pelajaran yg berharga buat koh ahok atas kejadian ini agar kedepanya lebih berhati2 lagi
awil
kita tunngu saja pembelaan dari pengacara pak Ahok, ini kan tuntutan jaksa, belum vonis
mongi
ikuti peraturan dan undang undang yang sudah ada aja sih
LampungBergetar
enak juga tuuh kalok hukumannya 2 tahun percobaan, lihat ajalah nanti gimana
ice
wedeww, hukuman penjara aja ada percobaannya yah , biar deh pak ahok ngejalanin dl
bengbeng
Buat pak abok yang sabar saja semuanya pasti akan cepat berlalu,misi mereka hanya ingin menjatuhkan bapak sebagai gubernur dki saja ko
iva
Sudah menjadi keputusan ya di jalanin saja pak,,yang penting tetap​ semangat
123