Begini Tanggapan Ahok soal Tuntutan Hukuman Percobaan 2 Tahun

Kamis, 20 April 2017 16:00


(ist)

108jakarta.com - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dituntut jaksa penuntut umum (JPU) hukuman 1 tahun penjara dengan masa percobaan selama 2 tahun. Ahok menyerahkan sepenuhnya kepada kuasa hukum.


"Ya kamu tanya pengacaralah, nggak ngerti aku," kata Ahok saat ditanya tentang tuntutan jaksa saat tiba di gedung Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (20/4/2017).


Ahok enggan berkomentar lebih jauh. "Nanti baca pleidoinya saja," ujar Ahok singkat seraya masuk ke kantornya.


Ahok dituntut hukuman 1 tahun penjara dengan masa percobaan 2 tahun. Jaksa menilai Ahok terbukti melakukan penodaan agama.


"Menuntut supaya majelis hakim yang mengadili perkara ini menyatakan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama terbukti bersalah menyatakan perasaan kebencian," ujar ketua tim jaksa Ali Mukartono.


Jaksa menuntut Ahok dengan dakwaan alternatif kedua yang menyebut Ahok melanggar Pasal 156 KUHP. Untuk itu, jaksa menuntut agar Ahok dihukum 1 tahun pidana penjara dengan masa percobaan 2 tahun.


"Menjatuhkan hukuman kepada terdakwa dengan pidana penjara selama 1 tahun dengan masa percobaan 2 tahun," ujar jaksa.


Jaksa menganggap tidak ada unsur pemaaf atau unsur yang bisa membuat Ahok lolos dari jerat pidana.


Ada dua hal yang memberatkan Ahok. Pertama, perbuatan terdakwa menimbulkan keresahan di masyarakat. Kedua, perbuatan terdakwa dapat menimbulkan kesalahpahaman antargolongan rakyat di masyarakat. Sedangkan hal-hal yang dapat meringankan Ahok, salah satunya, adalah peran Ahok dalam membangun Jakarta.


(ayb/int)


Berita Terkait
Sopir Bus Maut yang Kecelakaan di Puncak Tak Miliki SIM
Pagi ini Polisi Gelar Olah TKP Insiden Kecelakaan Maut di Puncak
Braaak!! Mobil ini Hantam Tiang Listrik di Jalan Pramuka
Mengular 31 Kilometer, Tol Jakarta Arah Bekasi Padat 
Hari ini KPU DKI Gelar Pemungutan Suara Ulang di TPS 01 Gambir

Please login for commentKomentar
ice
wedeww, hukuman penjara aja ada percobaannya yah , biar deh pak ahok ngejalanin dl
bengbeng
Buat pak abok yang sabar saja semuanya pasti akan cepat berlalu,misi mereka hanya ingin menjatuhkan bapak sebagai gubernur dki saja ko
iva
Sudah menjadi keputusan ya di jalanin saja pak,,yang penting tetap​ semangat
Haries
Mungkin pak ahok akan naik banding atas putusan tersebut, karena dirasa kasusnya di politisasi banget
novel
Aneh juga ini vonis terkesan cari aman antara yg ingin ahok di penjara dan bebas...
runi
makin sumringah dah tuh kaum pembenci ahok, sudah kalah pilkada plus si ahok dapat hukuman penjara, menang 2-0 deh
sumaryani
semoga ini jadi pelajaran yang sangat berharga buat pak ahok
ferry
artinya ahok gak harus dipenjara dan jaksa sudah menyatakan tidak ada penistaan agama yg dilakukan oleh ahok
AhhhTintaPemilu
intinya jalanin aja pak. ikutin aja pak ahok gimana jadinya. bapak yang sabar yah dan tetep semangat sudah digantikan kursi jabatannya
Samuel
kalau proses hokum sudah demikian keputusannya, lebih baik diikuti saja
12