Djarot Sebut Simpang Susun Semanggi Melambangkan Persatuan

Senin, 17 Juli 2017 13:41


(ist)

108jakarta.com - Jalan simpang susun Semanggi segera diresmikan. Uji kelayakan jalan yang dibangun tanpa menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) DKI itu juga telah dilakukan. Saat ini pun tengah ramai mengenai nama yang akan disematkan pada proyek simpang susun Semanggi itu.


Namun Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengungkapkan makna khusus tentang jalan layang Semanggi tersebut.


"(Di Simpang Susun Semanggi) ada empat kuping yang menandakan empat penjuru itu harus bersatu," kata Djarot saat ditemui di Balai Kota, Jakarta, Senin, 17 Juli 2017.


Menurutnya, empat penjuru tersebut melambangkan persatuan Indonesia dari berbagai wilayah, yaitu utara, selatan, barat, dan timur.


Djarot menambahkan, konstruksi pilar dari Simpang Semanggi berbentuk huruf V yang berarti victory. "Jadi, maknanya, kalau kita ingin jadi bangsa pemenang, kita harus bersatu," ujarnya.


Simpang Semanggi yang dibangun pada masa Presiden Soekarno juga menjadi alasan Djarot mempertahankan kata Semanggi. "Waktu itu, supaya Indonesia siap menghadapi ASEAN Games 1962. Oleh karena itu, nama Semanggi harus ada."


Selain itu, Djarot cenderung memilih nama Simpang Susun Semanggi daripada Simpang Baja Semanggi. "Karena waktu berdiskusi awal dengan Pak Ahok, namanya itu Simpang Susun Semanggi," kata Djarot.


(ayb/int)


Berita Terkait
Tragis, Sedan Mewah Aston Martin Tabrak Separator Busway di Harmoni
Cuaca Ibukota Hari Ini Diprediksi Cerah Berawan 
Inilah Jadwal Penerapan e-Toll di Ruas Jakarta-Cikampek
Jakarta Diprediksi Cerah Sepanjang Hari Ini
Jakarta Panas Membara, Begini Penjelasan BMKG

Please login for commentKomentar
emma
mudah2an sesuai dengan semboyan nya deh, masyarakat Jakarta selalu bersatu
ice
soalnya memang bentuknya begitu yah , nyambung ke segala arah gitu
runi
ane sih yang penting simpang susun ini nantinya bisa efektif mengurangi kemacetan dijakarta, kalaupun ada makna di balik jalan yang dibangun ini ane anggap itu adalah harapan terbaik buat jakarta yang makin individual ini
ticia
ada maknanya juga simpang susun ini, persatuan memang sangat diperlukan untuk bangsa ini, persatuan bangsa ini sudah mulai pudar, harus diberikan kesadaran juga
SayaFerdiEntong
keren nih asrtitek yang desain jalanannya sampe sebagus ini. aku jadi pengen lewat sana deh
bengbeng
Keren banget yah kalau di lihat dari atas bentuk jalan simpang semanggi ini apalagi nanti kabarnya akan di tambahkan lampu LED pasti tambah keren deh
alya
mudah-mudahan saja warganya bisa bersatu seperti apa yang diinginkan
pakaihatidong
apapun itu artinya,yang penting untuk wilayah jakarta harus bebas dari kemacetan di setiap waktu.
Haries
Hanya sebuah lambang, yang terpenting orang orangnya, apakah mau bersatu apa tidak
Renny
bagus banget ya kalo dilihat dari atas beneran kaya lingkaran. -r-
12