Mengintip Gaya Jokowi Saat Berada di Berbagai Mal di Jakarta

Senin, 17 Juli 2017 11:55


(ist)

108jakarta.com - Meski sudah sering dilakukan, tetapi kehadiran Presiden Joko Widodo ke sebuah pusat perbelanjaan selalu menyita perhatian. Tak sekadar menyapa warga, Jokowi juga kerap berbelanja saat berkunjung ke mal.


Jokowi kembali berkunjung ke mal Grand Indonesia, Jakarta Pusat, kemarin (16/7). Mal yang kebanyakan dikunjungi masyarakat kelas menengah ke atas itu tiba-tiba menjadi riuh saat Jokowi datang.


Jokowi datang bersama kedua anaknya, Kahiyang Ayu dan Kaesang Pangarep. Jokowi terlihat kasual dengan sepatu kets.


Dia berkeliling mal sembari disapa para pengunjung. Warga yang berkunjung ke mal itu langsung menyalami hingga minta foto bersama dengan Jokowi.


Jokowi berkeliling toko yang ada di mal itu dan membeli baju bergambar pahlawan super untuk cucunya. Seperti diketahui, Jokowi memiliki cucu laki-laki bernama Jan Enthes dari putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka.


"Presiden membeli kaus super hero untuk cucunya," kata Kepala Biro Pers Setpres Bey Machmudin saat dikonfirmasi.


Meski Jokowi sudah bergegas ingin meninggalkan mal pada pukul 16.00 WIB, tetapi dia tertahan oleh warga yang menyalaminya. Akhirnya Jokowi baru bisa keluar mal sekitar pukul 16.25 WIB.


Ini bukanlah kali pertama Jokowi ke Grand Indonesia sebagai Presiden RI. Sebelumnya dia juga pernah ke sana untuk menemani cucunya cukur rambut.


Waktu itu Jokowi menghadiri perayaan Nyepi di Mabes TNI, Cilangkap dan meresmikan Forum Ekonomi Umat di Grand Sahid Jaya, Jl Sudirman, Jakarta Pusat. Rangkaian acara tersebut baru selesai sekitar pukul 14.30 WIB, Sabtu (22/4). 


Rupanya Jokowi mampir dahulu di Grand Indonesia untuk makan siang. Kemudian anaknya, Gibran Rakabumi, bersama istri dan anaknya menyusul ke tempat makan yang dikunjungi Jokowi.


Barulah kemudian mereka menuju ke sebuah barber shop khusus anak-anak di mal tersebut.


"Kalau saya lihat juga anaknya pinter ya, maksudnya nggak rewel gitu, anteng. Sudah ngerti mau dipotong rambutnya," kata Yulia saat ditemui di tempat kerjanya, Mal Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Senin (24/4). 


Jokowi sebelumnya lagi juga sudah pernah jalan-jalan di Grand Indonesia. Waktu itu dia ke sana pada Minggu, 2 Oktober 2016.


Jokowi datang ke Grand Indonesia, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat pada Minggu (2/10/2016) sekitar pukul 12.38 WIB. Seperti biasa, Jokowi mengenakan kemeja putih yang dikeluarkan serta lengan kemeja yang dilipat.


Pengawalan ketat dari Paspampres nampak terlihat saat Jokowi mengunjungi toko-toko yang ada di Grand Indonesia. Kehebohan pengunjung pun tak terelakkan saat Jokowi berjalan-jalan. Beberapa bahkan ada yang berkesempatan untuk selfie bareng Presiden ke-7 Indonesia itu.


"Ya Presiden sebagai ayah dan warga biasa juga ingin berjalan-jalan seperti masyarakat umumnya. Biasa saja, nggak ada hal yang luar biasa," kata Kabiro Pers Setpres Bey Machmudin saat dikonfirmasi waktu itu.


Selain Mal Grand Indonesia, Jokowi pun pernah bertandang ke Senayan City. Ketika itu dia bersama putrinya, Kahiyang Ayu, membeli buku tentang Sukarno dan Hatta. 


Jokowi dan Kahiyang jalan-jalan di mal Senayan City, Jakarta Pusat, Minggu (19/2/2017) pukul 12.00 WIB siang tadi. Dia masuk ke toko buku untuk mencari buku tentang Bung Karno dan Bung Hatta.


"Tadi cari buku untuk anak-anak SD dan SMP kalau pas ke daerah," kata Jokowi sebagaimana keteranganyang dikirim Kepala Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Bey Machmudin.


Selain buku tentang Bung Karno dan Bung Hatta, ada pula buku mengenai cerita rakyat. Ini bakal menjadi oleh-oleh yang baik untuk anak-anak di penjuru Indonesia. Sebagaimana diketahui, Jokowi memang sering membagikan buah tangan untuk siswa di berbagai daerah.


"Ini mengenai Bung Hatta dan Bung Karno untuk anak SMP. Yang ini mengenai cerita rakyat Nusantara. Saya kira perlu untuk oleh-oleh pas ke daerah," kata Jokowi. 


Jokowi pun pernah mengunjungi Pondok Indah Mall. Kunjungan itu sekaligus menunjukkan bahwa situasi di Jakarta aman bagi warga.


Presiden Jokowi pada Minggu (20/11) siang mengunjungi Pondok Indah Mal. Dikawal Paspampres dengan jumlah terbatas, Jokowi bikin heboh pengunjung yang menjumpainya. Mereka saling berebut untuk meminta foto bersama atau sekedar mengabadikan kehadiran Jokowi dari jauh.


Mengenakan kemeja putih yang menjadi ciri khasnya, Jokowi berjalan-jalan dan sempat mampir ke toko buku. Keberadaan Jokowi di mal itu tak masuk dalam agenda resminya. 


Kunjungan itu hanya berselang 48 jam setelah Kapolri Jenderal Tito Karnavian memastikan situasi di Jakarta aman. Waktu itu memang sempat muncul hoax tentang pengambilan uang besar-besaran yang dikaitkan dengan situasi negara.


"Jadi sekali lagi saya mengklarifikasi, bahwa situasi keamanan Indonesia dalam kondusif, tidak perlu terpengaruh dengan ajakan-ajakan atau, hoax hoax yang menyatakan rush pengambilan uang di Bank dan lain-lain. Itu tidak benar," kata Tito pada Jumat (18/11/2016). 


(ayb/int)


Berita Terkait
Gubernur Anies Pastikan Monas Terbuka untuk Semua Agama
Titik-Titik Kemacetan Jakarta dan Sekitarnya Pagi Ini
Hari ini DKI Jakarta Diperkirakan Berawan
Pengemudi CR-V yang Tabrak Puluhan Kendaraan di Sudirman Alami Penyakit Bipolar
BMKG Prediksi Hujan Guyur Jabodetabek Siang Ini 

Please login for commentKomentar
Ibnu
pak jokowi ini kemanapun ia pergi Gayanya memang sederhana, sebagai kepala negara memang selalu memberikan contoh yang baik bagi warganya
Juragan
sangat natural sekali gaya Pak jokowi kalo di mall, mau ketemuan lagi di mall lihat beliau sangat bersahaja
emma
walaupun seorang kepala negara, cara belanjanya tetep aja kyk masyarakat biasa pd umumnya..dan pak jokowi disela2 kesibukannya tetep ingat sama cucunya hanya utk membelikan sebuah kaos
IndomieTelor
Pak Jokowi aja kamu dengan penampilan sederhana . sungguh Dia seorang ayah dan kakek yang baik ya
ice
lah banyak juga yg antri mau salaman dan foto bareng yah
runi
heboh banget dah kalau pak jokowi datang berkunjung, entah itu ke mall, pasar ataupun tempat lainnya, kalau udah gak jadi presiden apa bakalan masih heboh gak ya??
ticia
nge mall juga si bapak ini, pastinya keamanan yang berlipat di luncurkan untuk mensterilkan tempat tersebut, nikmati saja pak
AkhsinanCikoLe
identik dengan kemeja putih dan ditekut lengannya. keren banget pak jokowi mahj
bengbeng
Itu karena warga tau kalau pak jokowi orangnya merakyat dan rendah hati mau menyapa warganya dan berkumpul bersama bahkan bisa di ajak foto bareng jadi kehadiran pak jokowi selalu bikin antusias warga
alya
jokowi mah sederhana gayanya banyak orang yang suka sama kepemimpinan presiden ini
12