Pemprov DKI Minta Dinkes Investigasi Kasus Kematian Bayi Deborah

Senin, 11 September 2017 14:33


(ist)

108jakarta.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menunjukkan keseriusannya menangani kasus meninggalkan seorang bayi bernama Tiara Debora. Bayi dari pasangan Henny Silalahi dan Rudianto Simanjorang ini meninggal di RS Mitra Keluarga Kalideres lantaran tidak mendapatkan perawatan yang semestinya. 


Debora meninggal setelah pihak Rumah Sakit menolak merawatnya di ruang PICU, karena orang tua bayi itu tidak sanggup membayar uang muka. Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan telah memerintahkan Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk menginvestigasi penyebab kematian Debora.


"Saya sudah minta Dinas Kesehatan untuk melakukan investigasi kepada rumah sakit tersebut, ada tidak pelanggaran dalam penanganan pasien," ujar Djarot di Jakarta, Senin (11/9/2017).


Mantan Wali Kota Blitar itu menegaskan, seharusnya setiap rumah sakit bisa bertindak cepat menangani pasien. Soal administrasi keuangan, mestinya bisa dikesampingkan. (Baca:Kasus Bayi Debora, Djarot Akan Panggil Dinkes DKI)


"Rumah sakit atau dokter itu skala prioritasnya adalah memberikan penanganan terlebih dahulu secara maksimal pada siapapun yang masuk di situ tanpa menghitung-hitung berapa biayanya. Tangani dulu," tegasnya.


Jika memang pasien belum terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, barulah pihak rumah sakit mengambil langkah selanjutnya. Itupun baru boleh dilakukan jika kondisi pasien sudah membaik. 


"Setelah pasiennya itu bisa stabil, itu bisa kita rujuk. Atau kalau dia membutuhkan jaminan tentang penanganan ini, dia (RS) bisa menghubungi kami, pemerintah, kami bisa menjamin. Hak hidup seseorang harus diprioritaskan, itu yang pertama," pungkasnya.


(ayb/int)


Berita Terkait
Gubernur Anies Pastikan Monas Terbuka untuk Semua Agama
Titik-Titik Kemacetan Jakarta dan Sekitarnya Pagi Ini
Hari ini DKI Jakarta Diperkirakan Berawan
Pengemudi CR-V yang Tabrak Puluhan Kendaraan di Sudirman Alami Penyakit Bipolar
BMKG Prediksi Hujan Guyur Jabodetabek Siang Ini 

Please login for commentKomentar
runi
itu memang sudah seharusnya, ane rasa ada kelalaian dan bahkan unsur kesengajaan dalam kasus bayi deborah, gak ada uang gak ada pelayanan kesehatan sampai akhirnya si bayi meninggal, beranikah pemerintah memberikan sanksi kepada rumah sakit tersebut
ticia
Harus segera di usut tuh. Jangan dibiarkan begitu saja, harus ada tindakan tegas yang bisa memberikan komitmen pemerintah dalam hal kesehatan
suiyong
harus dicari pelaku sampai dapat kalau tidak bisa merusak nama baik rumah sakit.
YankeeOH
slidiki segera pak biar cepat terungkap siapa pelakunya dan segera dihikum
Marsim
ya bener tuh pak,seharusnya pihak rumah sakit mempentingkan paisen duku baru setelah pasien muali mebaik barulah bicara ke pihak orang tua penyelesainya seperti apa.
bengbeng
Sepertinya kasus kematian bayi Deborah ini mendapat respon dari berbagai kalangan yah mulai dari KPAI gubernur sampai IDI bakalan repot tuh rumah sakit mitra keluarga.
alya
harus di selidiki agar kasus serupa tidak terjadi lagi nantinya
KaroKalemCuy
Secepatnya melakukan penyidikan agar kasus tersebut tuntas dan pelaku dihukum agar kapok dan jera. Dan ini adalah pembelajaran rumah sakit lainnya supaya mengedepankan nyawa ketimbang uang.
sumaryani
pasien yang darurat harus cepat di tangani jangan sampai terlambat apalagi minta uang dp dulu
emma
investigasi boleh2 aja, krn kl dilihat dr kronologinya bisa jd rumah sakit pun sdh berusaha maksimal..semuanya kembali lg kpd takdir
12