Gubernur Anies Tinjau Penyebab Banjir di Jalan MT Haryono

Kamis, 14 Desember 2017 13:55


(ist)

108jakarta.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, kembali mendatangi titik-titik yang menjadi penyebab genangan air di terowongan Jalan MT Haryono, Jakarta Timur. 


Dari tinjauan lapangan itu, Kamis, diketahui penyebab banjir adalah beton-beton pembangunan proyek LRT yang menghalangi aliran air ke pompa penyedot sehingga membuat genangan yang cukup menganggu pengguna jalan.


"Ini tadi kami temukan ada beton-beton yang dipasang selama proses pembangunan LRT di tempat ini. Beton-beton ini menutupi lubang tempat pompa air sehingga ketika curah hujan tinggi dengan volume air yang sangat banyak. Maka air tak dapat mengalir dengan cepat ke dalam lubangnya," kata Baswedan.


Akibat genangan itu, menurut dia, menimbulkan efek domino. Salah satunya membuat arus lalu-lintas jadi tersendat parah.


"Efeknya lalu terjadi genangan di terowongan MT Haryono ini genangannya sekitar 50 cm. ketika di sini tergenang, maka otomatis sepanjang Jalan MT Haryono dan Jalan Gatot Subroto berhenti karena kendaraan tidak bisa lewat," katanya.


Meskipun demikian, dia tidak mau mencari kambing hitam dan kunjungannya kali ini murni untuk mencari penyebab sehingga nanti bisa dicarikan solusi terbaik.


"Itulah mengapa kami kemarin menyebut salah satu sebab genangan adalah pembangunan yang tidak memperhitungkan aliran air dan ini contohnya. Nach ini bukan untuk menyalahkan siapapun, kami dalam rangka mencari sebab supaya bisa dilakukan koreksi," kata dia.


Dia pun langsung mengeluarkan solusi dan intsruksi khusus agar segera permasalahan genangan di terowongan Jalan MT Haryono dapat diselesaikan.


"Jadi saya sudah intruksikan beton-beton yang di bawah supaya digeser. Agar aliran air tidak terhambat, lalu semua yang menjadi penghalang air dihilangkan. Jadi hari akan langsung dikerjakan dan Insya Allah akan tuntas," katanya.


(ayb/int)


Berita Terkait
Please login for commentKomentar
Jaebum
Kalauu sudah ditinjua seharusnya bisa ditemukan solusi nya biar tidak kebanjiran lagi dihujan yang akan datang
bengbeng
Nah gitu dong pak terjun langsung ke TKP biar tahu kondisinya kaya gimana seperti hal nya gubernur yang sebelumnya pak ahok tapi jangan hanya di tinjau saja yah harus kasih solusinya juga
StelKendo
kalau penyebabnya adalah beton yang menghalangi masuknya air ke pipa pipa tersebut, secepatnya beton tersebut di pindahkan supaya air surut.
ata
tahun2 kemarin gak pernah banjir, kenapa sekarang malah banjir ya?? jangan salahin cuacanya, kemungkinan memang gak dipersiapkan dari awal, kan sudah dikasih tau sama bmkg kalau cuaca kali ini bakalan ekstrim
Juragan
wuihhh jakarta kebanjiran gede, tumben MT Haryono bisa kena banjir setinggi paha orang dewasa
runi
yang di butuhkan adalah solusi biar gak banjir bukannya nyari penyebab banjir, udah pasti ada aliran air yang terhambat repot banget sih, kemarin2 kalaupun banjir paling lama satu jam juga surut
Cobra
penyebabnya mungkin material proyrk mrt yg menutupi jalannya air menuju selokan, semoga aja cepat dapat solusinya
adit
trus apa kerja nyata nya untuk mengatasi banjir ?
justdoit
ayuk pak gmna solusinya untuk mengatasi kebanjirann
Mama
Pastinya warga Jakarta berharap pak Anies punya solusinya.
12