Gubernur Anies Keluarkan Surat Edaran Terkait Gerhana Bulan Total

Rabu, 24 Januari 2018 8:39


(ist)

108jakarta.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuat surat edaran bagi warga Jakarta dalam menghadapi Gerhana Bulan Total (GBT). Anies meminta dinas terkait mempersiapkan diri jelang fenomena alam itu.


Surat tersebut tertanggal, Selasa (23/1/2018). Anies mengirim kepada Dinas Pendidikan, Dinas Pariwisata dan Budaya, dan Biro Pendidikan Mental.


Anies meminta edaran itu disebar ke sekolah-sekolah. Sebab, dia ingin gerhana bulan nanti menjadi pembelajaran bagi siswa.


"Menjadikan fenomena ini sebagai media pembelajaran dan mendorong minat siswa mempelajari sains, serta mensyukuri anugerah dan mengagumi kebesaran Tuhan," tulis Anies dalam surat itu.


Berikut isi lengkap surat edaran Anies tersebut:


Kepada Yth. 
1. Kepala Dinas Pendidikan
2. Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya
3. Kepala Biro Pendidikan Mental dan Spiritual


Pada hari Rabu, 31 Januari 2018, akan terjadi Gerhana Bulan Total (GBT) di wilayah Jakarta yang bertepatan dengan fenomena Supermoon dan Blue Moon. Awal GBT diperkirakan terjadi pukul 19.51 WIB, dengan puncaknya pada pukul 20.29 WIB, dan berakhir pada pukul 21.07 WIB. Terkait dengan fenomena tersebut, harap lakukan hal-hal berikut: 


1. Kadisdik, harap menyebarkan edaran kepada sekolah-sekolah berisi informasi tentang fenomena gerhana bulan disertai dengan himbauan kepada guru untuk menjadikan fenomena ini sebagai media pembelajaran dan mendorong minat siswa mempelajari sains, serta mensyukuri anugerah dan mengagumi kebesaran Tuhan. 


2. Kadisparbud, harap menyiapkan fasilitas dan dukungan di tempat-tempat wisata di bawah pengelolaan Pemprov yang dapat dljadlkan titik pengamatan gerhana bulan bagi warga Jakarta 


3. Kabiro Dikmental, harap menyebarkan edaran kepada masjid-masjid berisi informasi tentang fenomena gerhana bulan disertai ajakan dan panduan untuk menunaikan shalat gerhana secara syar'i.


Terima kasih


Anies Baswedan


(ayb/int)


Berita Terkait
Aturan Ganjil Genap Diterapkan di Pintu Tol Bekasi Barat dan Timur
Prediksi Cuaca: Sebagian Kawasan di Jakarta akan Diguyur Hujan Ringan
Kecelakaan Maut di Bogor, Sopir Truk Molen Resmi Ditetapkan Jadi Tersangka
RS: Waskita Tanggung Biaya Pengobatan Korban Becakayu
Polisi Tembak Mati Satu Tersangka Begal Sadis di Jakarta Barat

Please login for commentKomentar
Jaebum
Bagus nih surat edarannya membuat masyarakat jadi lebih antusias untuk melihat gerhana bulan nya
Mas
yuk ahh..nonton gerhana bulan lagi. mudah mudahan nemu spot yang bagus.
Cobra
sangat bagus untuk para pelajar bisa mempelajari apa itu gerhana bulan total, momen yang jarang terjadi, jadi kita jangan ketinggalan menyaksikan fenomena tersebut
Dzulfikar
nobar apa gimana nih wkwk
sumaryani
ajakannya bagus juga untuk mempelajari tanda tanda Kebesaran dan keagungan Tuhan
Anjar
Perlu disaksikan nih make teropong buat ngeliatnya , bagus banget pastinya ini mah