Pemprov DKI Siapkan Jalur Khusus Motor di Jalan Thamrin-Sudirman

jumat, 19 Januari 2018 15:39


(ist)

108jakarta.com - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Andri Yansyah mengatakan telah menyiapkan jalur khusus sepeda motor di Jalan Thamrin. Dishub akan mengecat marka jalan untuk memastikan perbedaan antara jalur kendaraan roda dua dan roda empat.


"Jalurnya memang hanya karpet kuning dibatasi dengan marka jalan tidak putus-putus," ucap Andri Yansyah di Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Jumat, 19 Januari 2018.


Andri mengatakan akan melihat efektivitas penerapan jalur khusus tersebut. Dishub belum akan menerapkan sistem ganjil-genap untuk sepeda motor. "Kalau seumpamanya juga masih belum efektif, baru kami terapkan usul Pak Dirlantas (Direktur Lalu Lintas Kepolisian Daerah Metro Jaya)," ujar Andri Yansyah.


Dishub DKI akan terus melakukan evaluasi dan kajian, apakah nantinya bisa menerapkan sistem ganjil-genap untuk sepeda motor atau tidak. "Kalau seumpamanya ganjil-genap masih juga bandel, ya kami akan lakukan tindakan tegas dengan menilang," tuturnya. "Tilang sesuai dengan kesalahan, karena Jalan Sudirman-Thamrin kami bersepakat jadikan kawasan tertib lalu lintas."


Sebelumnya, Mahkamah Agung memutuskan membatalkan peraturan Gubernur DKI yang dibuat pada masa kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok tentang larangan sepeda motor melintasi Jalan M.H. Thamrin, Senin, 8 Januari 2018. Dalam putusannya, Mahkamah Agung mengabulkan permohonan Yuliansah Hamid dan Diki Iskandar untuk membatalkan Peraturan Gubernur DKI Nomor 195 Tahun 2014 terkait dengan pembatasan lalu lintas sepeda motor di Jalan M.H. Thamrin.


(ayb/int)


Berita Terkait
Please login for commentKomentar
mustafa
nah kaya gini dong, bukan malah melarang untuk lewat jalan sini. coba mencari usulan yang lebih baik sehingga win-win solution
Jaebum
Setelah diperbolehkan motor lewat thamrin sekarang ada tambahan rambu untuk pengendara motor nya
pakaihatidong
Ini yang harus di lakukan,bukannya melarang untuk masuk di jalan ini.. Buat banyak orang untuk sulit mencari jalan untuk sampai tujuan ke lokasi jalan tamrin dan sekitar.
Mas
pemotor bukan berarti pengguna sepeda pak. Populasi kendaraan di DKI Jakarta lebih besar dibanding dengan kota tetangga. Belum lagi populasi dari kota tetangga yang ikut mengekor ke ibu kota ketika hari kerja. tolong solusi yang pasti lah..
Mawar
Sepertinya ini bukan solusinya deh, ya karna seperti yang sudah sudah aja masi di langgar
sumaryani
kalau ada jalur khusus sepeda motor baru enak jadi ngak main srobot dengan angkot
MITRA
Sering liat yg bginian di jalur Babdara Soeta, Itu kalo sepi tertip, ntar kalo macet pasti biyar.
CaffeLatte
nah begini dong kan jadi asik ada jalur khususnya.. semua senang kan jadinya. terus deh pak buat trobosan trobosan kaya gini
Anjar
sangat bagus kalo ini trjadi , mungkin bisa mengurangi kemacetan beberapa persen di dki jakarta..