Polisi Bekuk Komplotan Pengoplos Tabung Gas 3 Kg di Tangerang

jumat, 12 Januari 2018 15:05


(ist)

108Jakarta.com - Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Mabes Polri membongkar komplotan pengoplos tabung gas ukuran tiga kilogram, Jumat (12/01/2018).


Dalam penggerebekan di sebuah gudang yang diduga sebagai tempat pengoplosan yang berada di Kampung Nerogtog, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang tersebut, petugas mengamankan sebanyak 20 orang yang terlibat.


Kepala Divisi (Kadiv) Humas Mabes Polri Irjen Pol Setyo Wasisto mengatakan, selain mengamankan 20 orang, pihaknya juga menyita ribuan tabung gas oplosan sebagai batang bukti.


"20 orang dan ribuan tabung gas tiga kilogram diamankan. Praktik pengoplosan gas sudah beroperasi selama 3 bulan," kata Setyo di Mabes Polri, Jumat (12/01/2018).


Dirinya menerangkan, pengungkapan gudang pengoplosan gas 3 kilogram ke tabung 12 dan 50 kg di Tangerang ini berdasarkan hasil penyelidikan, terhadap kelangkaan tabung gas 3 kilogram.


"Belakangan ada kelangkaan gas tiga kilogram, dan Polri melakukan penyelidikan karena kita yakin bahwa pasokan dari Pertamina normal, artinya ada gangguan dari rantai distribusi," ujarnya.


Dari tangan pelaku, polisi menyita sejumlah alat bukti berupa 4.200 tabung melon, 3.906 tabung gas 12 kg, 110 tabung gas 50 kg dan 25 kendaraan angkutan.


Atas perbuatannya, pelaku dijerat pasal terkait Undang-undang Perlindungan Konsumen dan Undang-undang Migas dengan ancaman penjara lima tahun dan denda Rp 2 miliar.


"Saya imbau bagi masyarakat yang masih melakukan aktivitas pengoplosan seperti ini, berhenti. Jika kami temukan masih ada, maka kami akan jerat dengan pasal yang lebih berat. Akan kami cari pasal-pasal yang bisa menjerat ini lebih kuat, kita bisa kenakan pasal TPPU," tuturnya.


(CSR.id)

Berita Terkait
Pelajar SMP Tewas Tertabrak Bus TransJakarta
Ini Syarat untuk Mendapatkan Rumah DP 0 Rupiah di DKI Jakarta
Pemprov DKI Siapkan Jalur Khusus Motor di Jalan Thamrin-Sudirman
Pemprov DKI Akan Bangun TOD di Terminal Kampung Rambutan
BMKG: Waspadai Hujan dan Angin Kencang Mulai Siang Hari

Please login for commentKomentar
sumaryani
ini yang membuat konsumen jadi rugi kalau gas di oplos tangkap saja para pelakunya
ice
bagus pak kayaknya emang harus di cari akarnya nih, pasti banyak bukan cuma yg kmrn di tangkep aja sih
Samuel
salut sama polisi yang sudah sigap, berharap kedepannya bisa ditingkatkan lagi performanya
MITRA
ini yang membuat kelangkaan gas LPG 3 kg sehingga harganya melambung,terimakasih POLRI atas kerjanya, semoga kriminalitas yang merugikan masyarakat lainya dapat teratasi,
kamisPahing
harus diberi hukuman yang setimpal dong, kan sudah merugikan masyarakat