Aturan Ganjil Genap Diterapkan di Pintu Tol Bekasi Barat dan Timur

Kamis, 22 Februari 2018 16:52


(ist)

108jakarta.com - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) memberlakukan pengaturan ganjil-genap di pintu tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur. Hal itu dalam upaya mengurangi jumlah volume roda empat di Jalan tol Jakarta-Cikampek.


Kepala BPTJ, Bambang Prihartono mengatakan pihaknya akan memberlakukan aturan akan diberlakukan dalam waktu dekat. "Supaya roda empat bisa berkurang menggunakan jalan tol, lalu penerapan itu mengurangi volume roda 4. Caranya adalah ganjil genap di pintu tol. Bukan di jalan tol, ya," kata dia, Kamis (22/2).


Dia menjelaskan, pemberlakuan itu dilakukan sesuai dengan tanggal ganjil dan tanggal genap. Pada tanggal ganjil, kendaraan roda empat berplat nomor genap tidak akan diperbolehkan masuk dari pintu tol Bekasi Timur maupun pintu tol Bekasi Barat. "Begitupun sebaliknya," kata dia.


Sehingga, kendaraan roda empat berplat nomor genap dipersilakan untuk melewati pintu tol selain dari Pintu Tol Bekasi Timur dan Bekasi Barat. "Bagaimana mobil genap? Boleh masuk lewat pintu tol lainnya. Supaya distribusi merata sepanjang jalan tol," ujarnya.


Namun tujuan utama dari pemberlakuan itu adalah untuk pengalihan penggunaan transportasi pribadi kepada transportasi massal. "Intinya mindset-nya memindahkan orang mobil pribadi ke bus. Mindsetnya diubah biar pindah," kata dia.


Ia mengatakan, nantinya pemberlakuan peraturan ganjil genap ini akan dilakukan pada jam-jam padat yakni pada pukul 6 pagi sampai pukul 9 pagi pada setiap hari Senin sampai Jumat. Untuk itu, pihaknya mengimbau masyarakat untuk menggunakan bus menuju ke arah Jakarta.


"Kita sudah ada bus, dan lajurnya juga sudah ada di lajur paling kiri. Semoga dengan ini masyarakat pindah ke bus," katanya.


Untuk memberlakukan aturan ini, pihaknya telah berkoordinasi dengan berbagai pihak seperti pihak Tol Jasa Marga, Kementrian Perhubungan, dan juga Dinas Perhubungan Kota Bekasi.


(ayb/int)


Berita Terkait
Please login for commentKomentar
Jaebum
Lumayan siginifikan pengurangan kemacetan setelah adanya ganjil genap di pintu tol bekasi barat dan timur
mustafa
ini kurang berpengaruh. karena setiap pagi saya liat tetap saja macet. coba dilengkapin kendaraan umumnya dengan tujuan tujuan para masyarakat agar pengendara lain juga berminat untuk naik kendaraan umum
Haries
Yo wis gpp, sudah tidak di suruh ke meikarta lagi kok
suiyong
masa dipintu tol ada aturan ganjil genap sejak kapan berlaku.
Jaebum
Ternyata hanya yang mengarah ke Jakarta saja aturan ganjil genap ini berlaku
Mama
Masuk tol juga ada ganjil genap segala , musti inget inget tanggal dan konsentrasi , jangan sampai salah
Mawar
yakin bisa ni?? di jakarta aja sudah hampir tidak berlaku lagi, orang kebanyakan orang mempunyai mobil 2
adit
gimana dah kalau jalan tol ada aturan ganjil genap, seperti agak menyulitkan
ticia
harus siap siap kalo mau ke bekasi liat hari dan jam nya
Mas
pinggir tolnya dong jadi imbas..makin padetlah.. harusnya tol itukan jadi jalur alternatif tercepat.
12