Glodok, Pusatnya Pernak-Pernik Imlek

Rabu, 14 Februari 2018 10:53


(ist)

108jakarta.com - Jelang perayaan Tahun Baru Cina atau Imlek, kawasan Glodok, Jakarta Barat, dipenuhi pedagang pernak-pernik Imlek. Wilayah yang dikenal sebagai kawasan Pecinan itu pun mulai ramai didatangi pengunjung yang mencari keperluan Imlek.


Tampak sederet lampion berwarna merah menggantung di beberapa tempat di kawasan Petak Sembilan. Salah satunya Gang Pancoran yang terletak persis di belakang Pasar Glodok ini.


Gang yang juga berfungsi sebagai pasar tradisional ini tidak hanya sekadar menjual pernak-pernik Imlek, seperti gantungan aksesori, lampion, pohon sakura saja, tetapi juga banyak menjual aneka makanan khas Imlek, seperti kue keranjang dan kuaci. 


Salah satu pedagang asal Tangerang, Santi, 40 tahun, mengaku sengaja menjual pernak pernik Imlek di kawasan Glodok karena keuntungan yang didapat jauh lebih besar dibanding di wilayahnya. Dia mengaku baru dua hari berdagang, modal yang dikeluarkan sudah kembali. 


“Dibanding di Tangerang, pembeli di sini jauh lebih banyak. Mungkin karena sudah terkenal sebagai tempatnya pernak pernik Imlek kali ya,” ujarnya.


Sementara pedagang lainnya, Rinah, mengungkapkan pasar ini selalu ramai dikunjungi pembeli sejak awal buka yaitu sebulan yang lalu. Dan biasanya sampai hari Imlek tiba jumlah pembeli yang datang pun bisa lima kali lipat dari hari biasa.


“Dari awal bulan sudah mulai jualan, tapi tradisinya dekat-dekat hari H baru mulai ramai pengunjung,” ungkap Rinah.


Rinah menuturkan pernak-pernik yang paling banyak dicari pengunjung adalah lampion dan amplop dengan berbagai macam ukuran dan model. Sesuai tradisi, amplop-amplop tersebut akan digunakan sebagai angpao untuk berbagai rezeki ke sanak saudara.


“Harganya bervariasi, mulai dari 10 ribu rupiah untuk gantungan kunci dan 200 ribu rupiah untuk lampion-lampionnya,” tutup dia.


(ayb/int)


Berita Terkait
Please login for commentKomentar
mustafa
glodok memang selalu ramai, gak ada matinya
suiyong
tempat glodok sudah tiap tahun ramai orang tiong hua beli pernak pernik imlek dan baju warna merah.
Jaebum
Dari dulu glodok tidak ada mati nya kalau masalh penjualan pernak pernik untuk imlek
Juragan
jadi pengen ke glodok, kapan ya bisa mainke sana dalam suasana imlek
ticia
glodok tempat nya lengkap banget buat beli pernak pernik di rumah
Haries
Glodok memang pusatnya, karena selain harganya murah dan mudah di cari lokasinya
pakaihatidong
Memangbini tempatnya sejak dahulu kala. Apapun yg di perlukan pernik buat hari raya imlek tersedia.
Anjar
Betul di glodok uda seperti gudang nya barang barang yang ingin di cari, Karena disana menjual lengkap barang barang apa saja, dan harganya juga sangat terjangkau. Tapi tolong di jaga untuk keamanan nya juga.
novel
Ya maklum aj karna lokasi di sana juga banyak warganya beretnis tionghoa jd wajar aj makin rame blm lg dari warga luar yg berbelanja di situ karna alat2 dan perlengkapannya komplit jg sih
justdoit
Glodok emang pusat pernak pernik imlek....ga heran setiap tahun pasti rame
12