Awas, Berkendara Sambil Merokok Bisa Didenda Rp750 Ribu

Kamis, 01 Maret 2018 16:52


(ist)

108Jakarta.com - Sasaran prioritas Operasi Keselamatan Jaya lebih menekankan pada pelanggaran lalu lintas yang berpotensi menimbulkan kecelakaan. Merokok jadi salah satu sasaran operasi karena dinilai dapat mengurangi konsentrasi saat berkendara.


"Sasaran operasi kan melawan arus, berboncengan lebih dari dua orang (di motor), tidak cukup umur, menggunakan HP, termasuk merokok dan mendengarkan musik juga," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto, Kamis (1/3/2018).


Budiyanto mengatakan merokok dan mendengarkan musik (pakai headset) sambil berkendara berpotensi mengurangi konsentrasi dalam berkendara. Kurangnya konsentrasi pengemudi dalam berkendara ini menjadi salah satu faktor kecelakaan yang sering dijumpai polisi.


"Hilang konsentrasi saat berkendara itu tidak hanya dalam kondisi mabuk, tetapi juga merokok dan mendengarkan musik pakai headset juga bisa mengurangi konsentrasi berkendara," tuturnya.


Di samping itu, merokok tidak baik untuk kesehatan, baik perokok pasif maupun aktif. Pengendara lain di jalan mungkin tidak nyaman ketika terkena asap rokok di jalan.


Budiyanto mengatakan merokok menjadi salah satu pelanggaran dalam berlalu lintas sesuai dengan Pasal 106 ayat (1) UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pelanggaran atas pasal tersebut bisa dipidana 3 bulan penjara atau denda maksimal Rp 750 ribu. 


(CSR.id)

Berita Terkait
Yuk, Intip Lebaran Di Negara Lain

Please login for commentKomentar
justdoit
Waduh...khachauu...tapi bermanfaat juga sih kalo lagi berkendara sambil merokok bisa memengaruhi orang yang dibelakangny(bikin nyesek)
Fajar
sangat setuju untuk bisa mengurangi perokok juga saat berkendara
dheshe
setuju sekali bila peraturan ini di terapkan, sangat bahaya bila berkendara motor sambil merokok dan bara apinya terbang, membahayakan pengendara dibelakangnya
dheshe
setuju sekali bila peraturan ini di terapkan, sangat bahaya bila berkendara motor sambil merokok dan bara apinya terbang, membahayakan pengendara dibelakangnya
lily
setuju banget emang harus diberi sanksi yang berat
mustafa
ini sangat bagus. malah kalu bisa dendanya lebih besar. karena merokok saat mengendara sangat membahayakan pengendara lain juga
Haries
Intinya ga boleh merokok sambil naik motor
suiyong
memang sangat menganggu harus tindak supaya tidak ada yang merokok dijalanan.
Akhsinhandsome
lebih baik kalau saat mengendaraui motor atau mobil jangan merokok karena sangat berbahaya sekali saat dijalan dan patuhi rambu" lalu lintas
Mawar
Wah baru tau ni, udah ah ga mau meroko di jalan lagi, tapi bener juga si harus di gituin biar pada kapok
12